Teknis Instalasi Tenaga Listrik

Teknik Instalasi Tenaga Listrik merupakan salah satu kompetensi keahlian tertua di SMK Negeri 1 Cerme. Jurusan ini masuk dalam bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa untuk program keahlian Teknik Ketenagalistrikan (Berdasarkan Perdirjen No 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian SMK).

Dilihat dari program keahliannya, TITL – singkatan dari kompetensi keahlian ini – masih satu rumpun dengan TOI. Hanya saja Kompetensi keahlian ini ditempuh dalam tiga tahun masa belajar sedangkan Teknik Otomasi Industri ditempuh dalam empat tahun masa belajar.

Di kompetensi keahlian ini, selain diberi bekal mata pelajaran umum, siswa juga dibekali keilmuan yang berkaitan dengan jurusan yang ditekuninya antara lain: Gambar Teknik Listrik, Dasar Listrik dan Elektronika, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, Instalasi Penerangan Listrik, Instalasi Tenaga Listrik, Instalasi Motor Listrik, dan Perbaikan Peralatan Listrik. Mata diklat tersebut didukung mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, Simulasi dan Komunikasi Digital, Kimia dan Fisika.

Siswa yang menekuni bidang ini mempunyai prospek kerja di berbagai bidang misalnya teknisi, ahli instalasi kelistrikan, operator produksi, dan lain sebagainya.

Lulusan teknik instalasi tenaga listrik juga bisa memasang instalasi rumah, membuat program plc untuk menjalankan motor listrik. Berdasarkan hasil telusur Lulusan TIPTL banyak yang bekerja di PT. Petrokimia Gresik, di Semen Tuban, PLN yang tersebar d seluruh Indonesia bahkan ada yang menjadi Dosen di PTN